Selasa, 05 Maret 2013

Penelitian Pembelajaran Seni Rupa


IMPLEMENTASI METODE DRILL TERSTRUKTUR
DENGAN PENDEKATAN DISCIPLINE BASED ART EDUCATION (DBAE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA
DI KELAS VII SMP NEGERI 2 CIMALAKA SUMEDANG

(Studi kasus terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan Seni Rupa pada
tahun pelajaran 2012/2013 )

Peneliti : Ragen Gunawan
Guru Mata Pelajaran : Lalan, S.Pd


   Peneliti mengkaji topik “Implementasi metode Drill  terstruktur dengan pendekatan Discipline Based Art Education (DBAE) dalam meningkatkan kemampuan menggambar pada pembelajaran Seni Rupa di kelas VII SMP Negeri 2 Cimalaka Sumedang(Studi kasus terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan Seni Rupa pada Tahun Pelajaran 2012-2013), sebuah kajian tentang perencanaan, pelaksanaan, dan  evaluasi hasil karya siswa sebagai subjek penelitian. Ini adalah salah satu solusi dalam upaya mewujudkan sekolah yang efektif mengaktifkan peran siswa dalam proses pembelajaran serta memberi kesempatan seluas-luasnya pada guru untuk mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan rumusan Silabus pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang masih berlaku saat ini.
 Umumnya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran Seni Rupa yang dilakukan guru dengan menggunakan metode Drill  terstruktur dengan pendekatan Discipline Based Art Education (DBAE) dalam meningkatkan kemampuan menggambar  di kelas VII SMP Negeri 2 Cimalaka Sumedang, sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Drill  terstruktur  dengan pendekatan Discipline Based Art Education (DBAE) dalam meningkatkan kemampuan menggambar bentuk di kelas VII SMP Negeri 2 Cimalaka Sumedang yang meliputi masalah/kesulitan siswa, perencanaan dan pelaksanaan yang dilakukan guru, serta evaluasi gambar hasil karya siswa.
Dalam penelitian ini metode dan pendekatan yang digunakan adalah   deskriptif kualitatif, yang mempunyai ciri-ciri memusatkan diri pada pemecahan masalah pada masa sekarang yang aktual. Sifat deskriptif merujuk kepada data yang dikumpulkan yang cenderung berbentuk kata-kata atau gambar dan laporan hasil penelitian yang berisi kutipan-kutipan dari data sebagai ilustrasi dalam memberikan dukungan terhadap apa yang disajikan.
Temuan yang didapat dalam penelitian ini adalah beberapa data empiris yang berkaitan dengan implementasi metode Drill  terstruktur dengan pendekatan Discipline Based Art Education (DBAE)  dalam hal masalah/kesulitan siswa, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi gambar hasil karya siswa yang dilakukan guru, sehingga menghasilkan sejumlah gambar karya siswa yang refresentatif. Metode dan pendekatan  ini telah dapat meningkatkan kemampuan, kreativitas dan inovasi siswa di bidang Pendidikan Seni Rupa khususnya menggambar bentuk dengan dukungan fasilitas belajar seperti TEKNOLOGI PEMBELAJARAN berupa komputer multimedia sebagai bekal kreativitas dan pengalaman melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi ataupun memasuki dunia lapangan kerja.



Video Praktik
HASIL PENELITIAN
A. Gambar-gambar siswa sebelum menggunakan Metode Drill Terstruktur :
     1. Bentuk Silindris



      2. Bentuk Kubistis



      3. Bentuk Gabungan





B. Gambar-gambar siswa setelah menggunakan Metode Drill Terstruktur :
    1. Bentuk Silindris


  2. Bentuk Kubistis
 
 
  
      3. Bentuk Gabungan


 























Tidak ada komentar:

Posting Komentar