LAUNCHING
25 JANUARI 2014
25 JANUARI 2014
A. Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS)
Menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional Menyatakan
bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,
dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Hal ini pun
diperjelas dalam Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar
Pendidikan Nasional bahwa Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) adalah
kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing
Satuan Pendidikan.
Sejalan dengan
hal diatas, maka SMP Negeri 2 Cimalaka telah menyusun dan mengembangkan
kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah, potensi/karakteristik daerah, sosial
budaya masyarakat setempat dan peserta didik. Kurikulum tersebut disusun dengan
melibatkan seluruh waraga sekolah, komite sekolah, orang tua siswa, stakeholder
pendidikan dan dinas pendidikan kabupaten Sumedang.
Agar Kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) bisa
berkembang dengan baik maka dilaksanakan program Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS)
yang dipercaya sebagai salah satu program yang dapat mendukung terhadap
perkembangan KTSP. Lesson Study, dengan segala proses perencanaan dan
pelaksanaan serta refleksi pembelajaran, merupakan suatu bentuk pengembangan
kurikulum: merancang, melaksanakan, dan merefleksi kurikulum di tingkat kelas.
Apabila guru-guru disekolah terlibat dalam proses ini, kurikulum yang
dikembangkan oleh guru juga akan meningkat dan bertambah kuat. Oleh sebab itu
keterlibatan dalam Lesson Study Berbasis Sekolah dapat sangat membantu
perkembangan KTSP di SMP Negeri 2 Cimalaka.
Lebih jauh lagi bahwa Lesson Study Berbasis Sekolah
berkaitan erat dengan reformasi budaya sekolah. Para guru mempunyai kesempatan
untuk meningkatkan kapasitas profesional mereka melalui pengamatan dan refleksi
gabungan dari suatu pembelajaran. Meski para guru dari mata pelajaran yang sama
memang perlu berkumpul agar bisa belajar lebih dalam, mereka juga perlu saling
belajar dengan seluruh guru dari mata pelajaran apapun disekolahnya. Sebab
inovasi pembelajaran (dari guru mengajar ke guru mempelajarkan) akan bisa
diterapkan disekolah seandainya seluruh warga sekolah menerima inovasi yang
serupa; bila tidak, guru-guru lain mungkin akan mengecam dan tidak mendukung
mereka yang berusaha berinovasi karena dianggap mengganggu situasi belajar yang
bersifat konvensional. Oleh karena itu Lesson Study Berbasi Sekolah Dicobakan
sebagai wadah dan sarana agar seluruh warga sekolah berbudaya saling belajar
menerima inovasi dan memperoleh pengetahuan pedagogik walaupun bukan dari mata
pelajaran yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Akumulasi pengalaman
semacam ini akan meningkatkan kolegalitas seluruh warga dan guru serta mengubah
budaya sekolah. Dengan demikian, keadaan yang lebih baik bagi siswa belajar akan
tercipta.
Acara Pembukaan Panduan Heni Suryani, S.Pd.
B. Tujuan Lesson Study Berbasis Sekolah
Lesson study berbasis sekolah dilaksanakan denga tujuan:
1.
Semua
guru siap membuka pembelajaran (Open lesson) nya untuk diobservasi dan refleksi
minimal satu kali dalam satu tahun.
2.
Semua
guru harus meningkatkankualitas pembelajarannya dengan belajar dari
rekan-rekannya sesama guru.
3.
Semua
guru harus membentuk kolegalitas dengan cara berkolaborasi bersama.
4.
Mendukung
terlaksananya PKG dan PKB
Kepala SMPN 2 Cimalaka
Soni Darma Jatnika, S.Pd. Bio
C. Pedoman Lesson Study Berbasis Sekolah
1. Mata Pelajaran
Seluruh mata pelajaran dicakup oleh
Lesson Study Berbasis Sekolah
2. Guru yang Berpartisipasi
Seluruh guru berpartisipasi aktif
dalam program Lesson Study berbasis sekolah.
3. Fasilitator
Agar program berjalan dengan baik
maka dibentuk dan ditunjuk berdasarkan kesepakatan guru-guru beberapa orang
fasilitator yang lebih dulu menerima Lesson
Study yaitu guru mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan
Bahasa Inggris.
Pembukaan Resmi oleh Kasi Mutendik
Edi Suwardi, M.Pd.
4. Pengaturan Jadwal
Dalam tahap desiminasi Lesson Study
mengikuti jadwal dari Dinas Pendidikan Kabupten Sumedang. Dan kedepan diarahkan
untuk melaksanakan “Lesson Study Berbasis
Kelas (LSBK)”.
5. Pemilihan Guru Model
Pada tahap desiminasi agar tidak akan
ada kecemburuan dan untuk membangun kolegalitas maka pemilihan guru model
dilaksanakan dengan cara di undi/lotre per semester. Dan pada semester
berikutnya dicoba berdasarkan keinginan sendiri.
Guru Model
IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH
A.
Mata Pelajaran
Mata pelajaran yang dicakup oleh program lesson Study Berbasis Sekolah
adalah:
1. Pendidikan Agama Islam
2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Matematika
6. Ilmu pengetahuan Alam
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
8. Seni Budaya
9. Penjaskes
10. Tikom
11. Bahasa Sunda
B.
Guru yang Berpartisipasi
Adapun guru yang berpartisipasi adalah
sebagai berikut:
No.
|
Nama Guru
|
NIP
|
Mata pelajaran
|
1.
|
Drs. Abdul Kudus
|
196404031995121002
|
PAI
|
2.
|
Oni Syahroni, S.Ag.
|
197006132008011002
|
PAI
|
3.
|
Eem Rohaemi K, S.Pd.,M.Si.
|
196804011989032009
|
PKn
|
4.
|
Ade Yan Yan Chairil, S.Pd
|
196010271989031003
|
PKn
|
5.
|
Achmad Affandi, S.Pd
|
198309172010011011
|
PKn
|
6.
|
Rostati Sukarjo, S.Pd
|
196408141987032008
|
B Indonesia
|
7.
|
Ipit Nuryana, S.Pd
|
196501111987031009
|
B Indonesia
|
8.
|
Yati Rochayati, S.Pd
|
195905061981032004
|
B Indonesia
|
9.
|
Susi Rosdiana, S.Pd
|
196711251989032004
|
B Indonesia
|
10.
|
Ai Meliyanti, S.Pd
|
197505232007012010
|
B Indonesia
|
11.
|
Lalan, S.Pd
|
197502282009021002
|
B Indonesia
|
12.
|
Dra. Aan Hasanah
|
-
|
B Indonesia
|
13.
|
Yayah Rokayah, S.Pd
|
196511021985122001
|
B Inggris
|
14.
|
Radi Syukur, S.Pd
|
196708221988031009
|
B Inggris
|
15.
|
Atin Turyatin, S.Pd
|
196801241989032009
|
B Inggris
|
16.
|
Asep Hartono, S.Pd.,M.M.Pd.
|
196911281996031003
|
B Inggris
|
17.
|
Rochmat Setiabudi, A.md
|
195909231981021003
|
Matematika
|
18.
|
R. Nanang Kaswara, S.Pd
|
196907221994121001
|
Matematika
|
19.
|
Cucu Ratnayu, S.Pd
|
197308111999032008
|
Matematika
|
20.
|
Reni Widianti, S.Pd
|
197810022008012008
|
Matematika
|
21.
|
Dra. Pipin Resmiati
|
196802061995122002
|
IPA
|
22.
|
Yeti Sulastri, S.Pd
|
19731130199032005
|
IPA
|
23.
|
Ushuludin Latif, S.Pd
|
-
|
IPA
|
24.
|
Rin Rin Tresnawati, S.Pd
|
-
|
IPA
|
25.
|
Maman Sulaeman, S.Pd
|
196211101983021003
|
IPS
|
26.
|
Dodoy Rumdayah, S.Pd
|
195903121981112003
|
IPS
|
27.
|
Drs. Maman Budianto
|
196807021994031006
|
IPS
|
28.
|
Drs. Eddi Sukandar
|
196506021995121001
|
IPS
|
29.
|
Ai Yuyun, A.md
|
196804261993022001
|
IPS
|
30.
|
Ragen Gunawan, M.Pd
|
196611171995121002
|
Seni Budaya
|
31.
|
Ika Wartika, S.Pd
|
-
|
Seni Budaya
|
32.
|
Nining Sariningsih, S.E
|
-
|
Seni Budaya
|
33.
|
Drs. Nana Juana, M.M.Pd
|
196512251986101001
|
Penjaskes
|
34.
|
J e j e n
|
196004291981031006
|
Penjaskes
|
35.
|
Encang Patran, S.Pd
|
196604111995121001
|
Penjaskes
|
36.
|
Ai Meliyanti, S.Pd
|
197505232007012010
|
Tikom
|
37.
|
Deri Gustira, S.Pd
|
-
|
Tikom
|
38.
|
Merita Selviana, S.Pd
|
-
|
Tikom
|
39.
|
Heni Suryani, S.Pd
|
197106211997022001
|
B Sunda
|
40.
|
Titim Hasanah, S.Pd
|
197308082002122002
|
B Sunda
|
C.
Fasilitator
Fasilitator yang telah ditunjuk
berdasarkan kesepakatan, adalah:
No.
|
Nama Fasilitator
|
NIP
|
1.
|
Rostati Sukarjo, S.Pd
|
196408141987032008
|
2.
|
Cucu Ratnayu, S.Pd
|
197308111999032008
|
3.
|
Eem Rohaemi K, S.Pd., M.Si
|
196804011989032009
|
4.
|
Atin Turyatin, S.Pd
|
196801241989032009
|
5.
|
Yeti Sulastri, S.Pd
|
19731130199032005
|
D.
Penjadwalan
Adapun jadwal pelaksanaannya adalah sebagai berikut:
Pertemuan
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Guru Model
|
Mata Pelajaran
|
I
|
Sabtu, 25 Januari 2014
|
Launching,
plan
|
-
|
-
|
II
|
Sabtu, 15 Februari 2014
|
Do-See
|
Yeti Sulastri, S.Pd
|
I P A
|
III
|
Sabtu, 22 Februari 2014
|
Do-See
|
Reni Widianti, S.Pd
|
Matematika
|
IV
|
Sabtu, 15 Maret 2014
|
Do-See
|
Eem Rohaemi K, S.Pd.,M.Si
|
P K n
|
V
|
Sabtu, 22 Maret 2014
|
Do-See
|
Atin Turyatin, S.Pd
|
B. Indonesia
|
VI
|
Sabtu, 12 April 2014
|
Do-See
|
Susi Rosdiana, S.Pd
|
B. Inggris
|
VII
|
Sabtu, 19 April 2014
|
Do-See
|
Heni Suryani, S.Pd
|
B. Sunda
|
KEPANITIAAN
Penanggung Jawab :
Kepala SMPN 2 Cimalaka
Ketua :
Wakasek Bidang Kurikulum
Sekretaris :
Sekretaris Bidang Kurikulum
Bendahara :
Bendahara Bidang Kurikulum
Anggota :
1. Maman Sulaeman, S.Pd
2. Asep Hartono, S.Pd, M.M.Pd
3. Drs. Nana Juana, M.M.Pd
4. Encang Patran, S.Pd
5. Yayah Rokayah
6. lalan, S.Pd
7. Heni Suryani, S.Pd
8. Atin Turyatin, S.Pd
Seksi Dokumentasi : Ragen Gunawan, M.Pd
Seksi Peralatan : 1. Aca Setiawan
2. Jajang Hermawan.
Poto-poto Kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar