IMPLEMENTASI METODE DRILL
TERSTRUKTUR
DENGAN PENDEKATAN DISCIPLINE
BASED ART EDUCATION (DBAE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA
DI KELAS VII SMP NEGERI 2 CIMALAKA SUMEDANG
(Studi kasus
terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan Seni Rupa
pada
tahun pelajaran 2012/2013 )
Peneliti : Ragen Gunawan
Peneliti mengkaji topik “Implementasi
metode
Drill terstruktur dengan
pendekatan
Discipline Based Art Education (DBAE) dalam meningkatkan kemampuan menggambar pada pembelajaran Seni
Rupa di kelas VII SMP Negeri 2 Cimalaka Sumedang” (Studi kasus
terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan Seni Rupa pada Tahun
Pelajaran 2012-2013), sebuah kajian tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil karya siswa sebagai subjek
penelitian. Ini adalah salah satu solusi dalam upaya mewujudkan sekolah yang
efektif mengaktifkan peran siswa dalam proses pembelajaran serta memberi
kesempatan seluas-luasnya pada guru untuk mengembangkan materi pembelajaran
yang sesuai dengan rumusan Silabus pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) yang masih berlaku saat ini.
Umumnya penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana pembelajaran Seni Rupa yang dilakukan guru dengan
menggunakan metode Drill terstruktur dengan pendekatan Discipline Based Art Education (DBAE) dalam meningkatkan kemampuan
menggambar di kelas VII SMP Negeri 2
Cimalaka Sumedang, sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan implementasi metode Drill
terstruktur dengan pendekatan Discipline Based Art Education (DBAE) dalam meningkatkan kemampuan
menggambar bentuk di kelas VII SMP Negeri 2 Cimalaka Sumedang yang meliputi
masalah/kesulitan siswa, perencanaan dan pelaksanaan yang dilakukan
guru, serta evaluasi gambar hasil karya siswa.
Dalam penelitian ini metode dan pendekatan
yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif, yang mempunyai ciri-ciri memusatkan diri pada pemecahan masalah
pada masa sekarang yang aktual. Sifat deskriptif merujuk kepada data yang
dikumpulkan yang cenderung berbentuk kata-kata atau gambar dan laporan hasil
penelitian yang berisi kutipan-kutipan dari data sebagai ilustrasi dalam
memberikan dukungan terhadap apa yang disajikan.
Temuan yang didapat dalam penelitian
ini adalah beberapa data empiris yang berkaitan dengan implementasi metode Drill terstruktur dengan pendekatan Discipline Based Art Education (DBAE) dalam hal masalah/kesulitan siswa,
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi gambar hasil karya siswa yang
dilakukan guru, sehingga menghasilkan sejumlah gambar karya siswa yang
refresentatif. Metode dan pendekatan ini
telah dapat meningkatkan kemampuan, kreativitas dan inovasi siswa di bidang
Pendidikan Seni Rupa khususnya menggambar bentuk dengan dukungan fasilitas
belajar seperti TEKNOLOGI PEMBELAJARAN berupa komputer multimedia sebagai bekal
kreativitas dan pengalaman melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi
ataupun memasuki dunia lapangan kerja.
Video Praktik
HASIL
PENELITIAN
A.
Gambar-gambar siswa sebelum menggunakan
Metode Drill Terstruktur :
1. Bentuk Silindris
B. Gambar-gambar siswa setelah menggunakan Metode Drill Terstruktur :
1. Bentuk
Silindris
3.
Bentuk Gabungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar